Dampak Flipped Classroom dan Regulasi Diri Siswa terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Deskriptif

Putra, Mandala (2022) Dampak Flipped Classroom dan Regulasi Diri Siswa terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Deskriptif. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MANDALA_PUTRA_17178019_2944_2022.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dampak pemberian flipped classroom dan regulasi diri siswa terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif pada siswa kelas XI IPA SMA N 1 Kutacane tahun pelajaran 2021/ 2022. Disain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA pada tahun pelajaran 2021/ 2022 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Kelas XI IPA 4 terpilih sebagai kelas eksperimen (25 siswa) dan kelas X IPA 7 terpilih sebagai kelas kontrol (30 siswa). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah ujian menulis teks deskriptif dan angket regulasi diri. Two ways ANOVA dan t-test independent sample digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) flipped classroom memberikan dampak yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif dari pada strategi menulis di kelas konvensional, (2) flipped classroom dan siswa yang memiliki regulasi diri yang tinggi memberikan dampak yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif dari pada strategi menulis di kelas konvensional, (3) flipped classroom dan siswa yang memiliki regulasi diri yang rendah memberikan dampak yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif dari pada strategi menulis di kelas konvensional, (4) tidak ada interaksi antara flipped classroom dan strategi kelas konvensional dan regulasi diri siswa terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Jadi, flipped classroom dan regulasi diri siswa memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Sebagai tambahan, tidak terdapat interaksi antara kedua model pengajaran dan regulasi diri siswa terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:21
Last Modified: 24 Oct 2022 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40526

Actions (login required)

View Item View Item