Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Gestalt dengan Teknik Proyeksi dalam Pencegahan Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama

Lestari, Kiki Elfi (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Gestalt dengan Teknik Proyeksi dalam Pencegahan Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KIKI_ELFI_LESTARI_19151046_35_2022.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Perilaku bullying merupakan tindakan yang menyalahi kekuatan dan kekuasaan yang bersifat menyakiti seseorang yang lebih lemah baik secara verbal, fisik, maupun psikis sehingga korban merasa di bawah tekanan dan cenderung tidak berdaya. Sehingga diperlukan upaya untuk mencegah perilaku bullying di kalangan siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah perilaku bullying di kalangan siswa adalah dengan memberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan pedekatan Gestalt dengan teknik proyeksi. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mengungkapkan perbedaan perilaku bullying siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan Gestalt dengan teknik proyeksi, (2) mengungkapkan perbedaan perilaku bullying siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) mengungkapkan perbedaan perilaku bullying siswa kelompok eksperimen yang mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan Gestalt dengan teknik proyeksi dengan kelompok kontrol tanpa perlakuan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Sampel penelitian ini sebanyak 13 siswa untuk kelompok eksperimen dan 13 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik nonparametrik. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Likert, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku bullying kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan Gestalt dengan teknik proyeksi, (2) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku bullying kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan perilaku bullying kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan Gestalt dengan teknik proyeksi dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tentang perilaku bullying tanpa perlakuan khusus, hal ini terlihat pada skor rata-rata postest kelompok eksperimen turun lebih tinggi dari pada skor rata�rata postest kelompok kontrol. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan Gestalt dengan teknik proyeksi efektif dalam pencegahan perilaku bulllying siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:21
Last Modified: 24 Oct 2022 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40519

Actions (login required)

View Item View Item