Kontribusi Self-esteem dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Resiliensi Akademik Siswa pada Pembelajaran Daring/Jarak Jauh

Hasanah, Hidayatul (2022) Kontribusi Self-esteem dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Resiliensi Akademik Siswa pada Pembelajaran Daring/Jarak Jauh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HIDAYATUL_HASANAH_16151022_19_2022 (1).pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya resiliensi akademik siswa pada masa pembelajaran daring/jarak jauh. Self-esteem dan dukungan sosial orangtua merupakan faktor yang mempengaruhi resiliensi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) self-esteem, dukungan sosial orangtua dan resiliensi akademik, (2) kontribusi self-esteem terhadap resiliensi akademik, (3) kontribusi dukungan sosial orangtua terhadap resiliensi akademik, dan (4) kontribusi self-esteem dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama terhadap resiliensi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri Agam Cendekia sebanyak 173 orang, yang dipilih melalui teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah inventori self-esteem, skala dukungan sosial orangtua dan skala resiliensi akademik dengan model Likert. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan tingkat self�esteem, dukungan sosial orangtua dan resiliensi akademik siswa pada pembelajaran daring/jarak jauh berada pada kategori sedang, (2) self-esteem berkontribusi secara signifikan terhadap resiliensi akademik siswa pada pembelajaran daring/jarak jauh sebesar 43%, (3) dukungan sosial orangtua berkontribusi secara signifikan terhadap resiliensi akademik siswa pada pembelajaran daring/jarak jauh sebesar 56,8%, (4) self-esteem dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap resiliensi akademik siswa pada pembelajaran daring/jarak jauh sebesar 65%. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri Agam Cendekia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:20
Last Modified: 24 Oct 2022 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40516

Actions (login required)

View Item View Item