Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan Kelas XI SMK Kabupaten Padang Pariaman

Hidayati, Hidayati (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan Kelas XI SMK Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HIDAYATI_19155013_2421_2022.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di sekolah berkaitan langsung dengandiri sendiri dan negara. Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan akan memberikan bekal pengalaman secara langsung pada siswa agar terbentuk sikap kritis, ilmiah, kreatif, serta tanggap terhadap permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari agar siswa dapat memperoleh hasil belajar yang baik. Selain itu, melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa akan memperoleh bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk memahami dan menyesuaikan diri terhadap fenomena dan perubahan-perubahan di lingkungan sekitar dirinya. Oleh karena itu, penting mempelajari pendidikan kewarganegaraan ketika SMA/ SMK. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Bagaimana proses pengembangan multimedia interkatif padapembelajaran Kewarganegraan Kelas XI SMK Yayasan Profesor Muhammad Zein yang valid(2) Bagaimana praktilitas multimedia interkatif pada pembelajaran Kewarganegaraan Kelas XI SMK Yayasan Profesor Muhammad Zein (3) Bagaimana efektivitas pengembangan multimedia interkatif pada pembelajaran Kewarganegraan Kelas XI SMK Yayasan Profesor Muhammad Zein. Pengembangan multimedia interktif ini menggunakan Interactive Multimedia (IMM) Development model yang dikembangkan oleh Rob Philips yang terdiri dari lima langkah yaitu Analysis, Desaign, Develop, Evaluation and Implementation. Validitas diuji dari 3 aspek yaitu aspek media, materi dan bahasa. Praktikalitas diuji dari respon guru dan respon siswa. Sedangkan efektivitas dilihat dari hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil rata-rata validitas produk mendapat nilai 83,95% kategori sangat valid, rata-rata paktikalitas respon siswa 84,81% kategori sangat praktis. Rata-rata praktikalitas guru 79,33% kategori praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas dari hasil belajar siswa didapat rata-rata 80,13 kategori efektif dan nilai aktivitas siswa 95,11% kategori sangat efektif. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa multimedia interkatif pembelajaran kewarganeraan kelas XI SMK Kabupaten Padang Pariaman dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:20
Last Modified: 24 Oct 2022 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40515

Actions (login required)

View Item View Item