Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Annisa, Annisa (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANNISA_18129051_3171_2022.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan proses pembelajaran yang belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan peserta didik salah satunya belum menggunakan model pembelajaran diskusi sehingga pembelajaran terkesan biasa dan penilaian dalam pembelajaran cenderung kepada pengetahuan sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelaharan tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Index Card Match di kelas V SDN O 1 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN O 1 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 82,9% (baik), dan siklus II 90,0% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 81,9%(Baik) dan siklus II 94,4% (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 81,9% (baik) dan siklus II 91,6% (sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 72,3 dan siklus II dengan rata-rata 88,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN O 1 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:18
Last Modified: 24 Oct 2022 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40511

Actions (login required)

View Item View Item