Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu di Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Delvira, Aulia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu di Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AULIA_DELVIRA_18129233_2571_2022.pdf

Download (921kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas V SD Gugus IV Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, yang berdasarkan prariset terjadi karena guru belum terbiasa menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sehingga proses pembelajaran masih cenderung didominasi oleh guru sebagai pemberi ilmu sedangkan peserta didik belum terlibat langsung dalam proses belajar itu sendiri. Oleh karena itu, tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penerapan model kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar tematik terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V SD 46 Batu Hampar sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas V SD 08 Balai Selasa sebagai kelompok kontrol yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan ganda yang sudah melewati tahap validasi oleh validator dan uji coba soal. Teknik analisis yang digunakan mengandung novelty diantaranya uji n-gain score untuk mengetahui tingkat keefektifan sebuah perlakuan, uji regresi linear sederhana untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan antar variabel, dan uji koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar persentase berpengaruhnya suatu perlakuan. Berdasarkan data penelitian, diperoleh rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 46,47 dan rata-rata posttest sebesar 86,20. Sedangkan rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 48,85 dan rata-rata posttest sebesar 67,05. Setelah dilakukan analisis, diperoleh hasil uji-t dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain score diperoleh rata-rata peningkatan terhadap kelompok eksperimen yaitu sebesar 39,73% lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya sebesar 18,20%, sehingga dikatakan penerapan model kooperatif tipe Make a Match efektif dalam meningkatkan hasil belajar tematik terpadu. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai R sebesar 0,974 yang artinya tingkat keeratan hubungan antara variabel X (model Make a Match) dengan variabel Y (hasil belajar) sangat kuat dan memiliki hubungan yang arahnya positif. Hasil uji koefisien determinasi diketahui bahwa model Make a Match dapat mempengaruhi hasil belajar sebesar 94,9%. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Make a Match memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar tematik terpadu di kelas V SD Gugus IV Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:18
Last Modified: 24 Oct 2022 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40509

Actions (login required)

View Item View Item