Kemampuan Guru-guru Bahasa Inggris Dalam Membuat Soal Berfikir Tingkat Tinggi di Sekolah-sekolah Menengah Pertama di Lubuk Basung

Efrinaldi, Harris (2022) Kemampuan Guru-guru Bahasa Inggris Dalam Membuat Soal Berfikir Tingkat Tinggi di Sekolah-sekolah Menengah Pertama di Lubuk Basung. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_HARRIS_EFRINALDI_18178013_5376_2022.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai seorang fasilitator dalam proses belajar mengajar yang harus memiliki kemampuan membuat soal berfikir tingkat tinggi. Guru harus membuat soal berfikir tingkat tinggi untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tipe-tipe soal berfikir tingkat tinggi yang dibuat oleh guru-guru bahasa inggris di Sekolah-sekolah Menengah Pertama di Lubuk Basung berdasarkan indikator yang ada pada kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menemukan kemampuan guru-guru bahasa inggris dalam membuat soal berfikir tingkat tinggi berdasarkan indikator pada kurikulum 2013 dan permasalahan yang dihadapi guru. Partisipant dari penelitian ini adalah guru-guru bahasa inggris yang mengajar di Sekolah-sekolah Menengah Pertama di Lubuk Basung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru bahasa inggris cenderung membuat soal berfikir tingkat rendah dari pada soal berfikir tingkat tinggi. Guru membuat berfikir tingkat tinggi pada level menganalisa dan mencipta serta tidak ada pada level mengevaluasi. Pada level berfikir tingkat rendah, guru paling banyak membuat soal mengingat, memahami dan level menerapkan. Mereka menghadapi permasalahan dalam membuat soal berfikir tingkat tinggi ini seperti tidak mampu menetapkan kompetensi dasar soal berfikir tingkat tinggi. Mereka juga tidak percaya diri membuat soal pada level berfikir tingkat tinggi dan tidak mendapat panduan yang berkelanjutan dari MGMP dalam peningkatan kemampuan yang berhubungan dengan berfikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:30
Last Modified: 21 Oct 2022 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40508

Actions (login required)

View Item View Item