Kontribusi Konsep Diri dan Aspirasi Pendidikan terhadap Perencanaan Karier Peserta Didik Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling

Yetni, Gita Yandri (2022) Kontribusi Konsep Diri dan Aspirasi Pendidikan terhadap Perencanaan Karier Peserta Didik Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_GITA_YANDRI_YETNI_1303705_3319_2022.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya permasalahan pada peserta didik SMA Negeri 1 V Koto Timur terkait perencanaan karier. Konsep diri dan aspirasi pendidikan merupakan faktor yang ada dalam perencanaan karier. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Konsep diri, aspirasi pendidikan, dan perencanaan karier, (2) kontribusi konsep diri terhadap perencanaan karier, (3) kontribusi aspirasi pendidikan terhadap perencanaan karier, dan (4) kontribusi konsep diri dan aspirasi pendidikan secara bersama terhadap perencanaan karier. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik SMA Negeri 1 V Koto Timur yang duduk di kelas XI dan XII yang berjumlah 272 orang, sampel berjumlah 162orang yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tentang konsep diri, aspirasi pendidikan dan perencanaan karier yang menggunakan skala Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat gambaran konsep diri, aspirasi pendidikan dan perencanaan karier. Regresi sederhana digunakan untuk mengetahui kontribusi konsep diri terhadap perencanaan karier dan kontribusi aspirasi pendidikan terhadap perencanaan karier. Regresi ganda digunakan untuk mengetahui kontribusi konsep diri dan aspirasi pendidikan terhadap perencanaan karier. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara rata-rata konsep diri berada pada kategori tinggi, aspirasi pendidikan berada pada kategori tinggi dan perencanaan karier kategori tinggi, (2) konsep diri berkontribusi terhadap perencanaan karier sebesar 44%, (3) aspirasi pendidikan berkontribusi terhadap perencanaan karier sebesar 43%, (4) konsep diri dan aspirasi pendidikan secara bersama-sama berkontribusi terhadap perencanaan karier sebesar 55,5%. Implikasinya dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan perencanaan karier bagi peserta didik yang terkait dengan pemahaman tentang konsep diri dan aspirasi pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:30
Last Modified: 21 Oct 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40505

Actions (login required)

View Item View Item