Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pecahan Peserta Didik Kelas IV SD

Fitriadi, Fitriadi (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pecahan Peserta Didik Kelas IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FITRIADI_19124016_19124016_2780_2022.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis metode Penemuan terbimbing yang memiliki karakteristik valid, praktis, dan efektif dalam rangka meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja Peserta Didik (LKPD) . Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Pakan Rabaa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan prototipe, dan tahap penilaian. Pada tahap pendahuluan dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Pada tahap pengembangan prototipe dilaksanakan evaluasi formatif. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing untuk kelas IV semester 1 yang valid, praktis dan efektif. Valid dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Praktis dari segi keterlaksanaan, waktu, kemudahan dan penggunaan. Dan efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:30
Last Modified: 21 Oct 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40504

Actions (login required)

View Item View Item