Pengembangan Media Video Powtoon pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD

Putri, Anggelia (2022) Pengembangan Media Video Powtoon pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANGGELIA_PUTRI_17129008_2884_2022.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran ialah alat yang dapat menyampaikan pesan secara kreatif kepada peserta didik. Penelitian ini bermula ketika peneliti melakukan observasi di lapangan, guru belum melakukan pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada, dikarenakan kurangnya kemampuan guru didalam menggunakan teknologi. Kecanggihan teknologi terdapat pada software aplikasi powtoon yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Video Powtoon pada pembelajaran tematik terpadu berbasis model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 03 Paninggahan yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Tahap 1 yaitu Define, tahap II Design, tahap III Develop, tahap IV yaitu Disseminate, pada tahap Disseminate tidak peneliti lakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Maka peneliti hanya melakukan sampai tahap pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan pengumpulan teknik data menggunakan angket dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini sebanyak 17 orang peserta didik kelas IV sdn 03 Paninggahan. Hasil dari penelitian Pengembangan Media Video Powtoon yang dikembangkan memperoleh hasil uji validitas materi mendapatkan persentase sebesar 93%, hasil uji valididtas bahasa sebesar 87,5%, dan hasil uji validitas media sebesar 92,85%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil sebesar 87,50% dan hasil uji praktikalitas angket respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 88,96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Video Powtoon pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 03 Paninggahan telah valid dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:29
Last Modified: 21 Oct 2022 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40497

Actions (login required)

View Item View Item