Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Kabupaten Sijunjung

Mutiah, Annisa (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANNISA_MUTIAH_18129229_3949_2022.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang tersedianya media pembelajaran pada tematik terpadu yang berbasis IT. Guru cenderung menggunakan media pembelajaran yang terbuat dari kertas yang kemudian menjadi pajangan di ruang kelas. Media pembelajaran Powerpoint ini dibuat semenarik mungkin dengan adanya gambar, video serta desain yang menarik dengan tujuan agar peserta didik termotivasi dan menarik minat peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Powerpoint pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD tema 8 subtema 2 pada pembelajaran 3, 4, dan 5 yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 langkah dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi materi, lembar validasi bahasa, dan lembar validasi media/grafik. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek Uji coba pada penelitian ini adalah 24 orang peserta didik di Kelas IV SD Negeri 15 Muaro takung. Subjek Penyebaran media pembelajaran ini terdiri dari 26 orang peserta didik di kelas IV SD Negeri 14 Kamang Barn. Hasil penelitian pengembangan media Powerpoint yang telah dikembangkan memperoleh tingkat validitas 91 % untuk materi, 90,62% untuk bahasa dan 91,9% untuk media/grafik dengan kategori valid. Hasil angekt respon peserta didik di SD Negeri 15 Muaro Takung menujukkan bahwa media pembelajaran sangat praktis dengan hasil angket respon guru memperoleh presentase kepraktisan 91,66%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 94,79%. Selanjutnya hasil angket respon guru dan peserta didik di SD Negeri 14 Kamang Barn menujukkan 95,83% hasil presentase respon guru dan 95,99% hasil respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Powerpoint pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:28
Last Modified: 21 Oct 2022 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40494

Actions (login required)

View Item View Item