Pengembangan Local Instructional Theory Topik Pecahan Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar

Elwijaya, Fadiah (2022) Pengembangan Local Instructional Theory Topik Pecahan Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FADIAH_ELWIJAYA_20124010_1491_2022.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Pecahan menjadi materi yang cukup sulit bagi siswa. Pembelajaran pecahan di Sekolah Dasar cenderung disajikan secara konvensional, sehingga siswa tidak memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Local Instructional Theory (LIT) topik pecahan berbasis RME untuk memberi pemahaman tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research approach) model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pengembangan atau pembuatan prototype (development or prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 19 dan 31 Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan LIT topik pecahan berbasis pendekatan RME yang dikembangkan dalam bentuk alur belajar yang memuat tujuan pembelajaran, aktivitas dan prediksi jawaban siswa yang diimplementasikan melalui RPP dan LKPD. Dari penelitian ini telah dihasilkan LIT yang valid sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, praktis dengan kriteria sangat praktis yaitu dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan dan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain ini memuat hasil berupa LIT untuk topik penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda, yaitu: penjumlahan pecahan biasa, penjumlahan pecahan campuran, penjumlahan pecahan desimal, pengurangan pecahan biasa, pengurangan pecahan campuran, dan pengurangan pecahan desimal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:28
Last Modified: 21 Oct 2022 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40492

Actions (login required)

View Item View Item