Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berbasis Strategi Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review di kelas IV Sekolah Dasar

Zikri, Ahmad (2022) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berbasis Strategi Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review di kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AHMAD_ZIKRI_17124003_2704_2022.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Bahan Ajar yang digunakan belum memberi petunjuk yang jelas, Bahan Ajar yang digunakan belum memuat langkah-langkah mengamati, Bahan Ajar belum menggunakan gambar-gambar yang konkrit, Bahan Ajar belum merangsang siswa tanya jawab, Bahan Ajar belum berisi lembar evaluasi, Bahan Ajar belum menggunakan strategi yang sesuai dengan kegiatan membaca. Hal ini menyebabkan siswa belum memahami bacaan yang dibacanya, sehingga berdampak pada hasil pembelajaran siswa. Permasalahan di lapangan dapat diselesaikan dengan melakukan pengembangan Bahan Ajar dengan strategi SQR4 di kelas IV sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Tujuan penelitian mengembangkan Bahan Ajar dengan strategi SQ4R di kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap disseminate dilakukan pada skala terbatas. Bahan Ajar yang dikembangkan yaitu pada tema 4 subtema 3 (Pekerjaan orang tuaku) yang divalidasi oleh ahli dibidang isi, bahasa,dan kegrafikan. Uji coba dilakukan di SDN 05 Batang Gasan dan penyebaran dilakukan di SDN 13 Batang Gasan. Kepraktisan Bahan Ajar dilihat dari angket respon guru dan siswa, keefektifan dilihat dari observasi aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh, validasi Bahan Ajar diperoleh rata-rata 3,6 dengan kategori sangat valid. Pada tahap praktikalitas, diperoleh hasil bahwa Bahan Ajar sudah praktis untuk digunakan. Penggunaan Bahan Ajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 83%. Ini berarti Bahan Ajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Bahan Ajar yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai di kelas IV sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:27
Last Modified: 21 Oct 2022 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40488

Actions (login required)

View Item View Item