Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 01 Koto Marapak Kota Pariaman

Parista, Ailen (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 01 Koto Marapak Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AILEN_PARISTA_17129293_3275_2022.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, pada saat proses pembelajaran peserta didikterlihatkurangaktif, itu disebakan oleh masih minimnya pengembangan model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajarpeserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan model Think Pair Share pada kelas V SDN O 1 Koto Marapak Kota Pariaman J enis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Ke las dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah Guru dan 12 orang siswa kelas V yang dilaksanakan dua siklus. Data penelitian berupa tes tulis dan hasil pengamatan dari semua tindakan. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil penelitian RPP siklus I dengan rata-rata 80,55% (Baik) dan siklus II 94,44% (Sangat Baik), pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 77,5% (Cukup) dan siklus II 95% (Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan pembelajaran pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 70% (Cukup) dan siklus II 90% (Sangat Baik). Penilaian sikap siklus I di kategorikan (Baik) dan di siklus II menjadi (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik siklus 1 dengan rata rata nilai 67 ,3 (Kurang) dan siklus II 85 (Baik), sedangkan persentase ketuntasan siklus I 29,16% (Kurang) dan siklus II dengan 83,33% (Baik). Dapat disimpulkan pada penelitian tersebut bahwa modelThink Pair Share dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu dikelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:28
Last Modified: 20 Oct 2022 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40482

Actions (login required)

View Item View Item