Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Dilihat dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Ovavia, Cicilia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Dilihat dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_CICILIA_OVAVIA_20124050_2975_2022.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Tematik terpadu yang merupakan sistem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik, aktif menggali dan, dengan mengharuskan siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Namun belum banyak siswa yang memiliki kemampuan tersebut.Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap hasil belajar tematik terpadu dilihat dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Keterampilan berpikir kritis yang diteliti adalah keterampilan berpikir ktis yang diajarkan secara terpadu. Tempat penelitian adalah di SDN 08 Mandeh, metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experimental dengan desain penelitian One group pret-test and post-test design. Sampel yang digunakan adalah kelas IVA sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Diperoleh data sebagai berikut: (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe pair checks secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional karena terdapat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:00
Last Modified: 20 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40470

Actions (login required)

View Item View Item