Pengembangan Video Pembelajaran Rias Karakter pada Mata Kuliah Tata Rias Foto/Tv/Film dan Karakter di Jurusan Tata Rias dan Kecantikan

Putri, Adinda Dwi (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Rias Karakter pada Mata Kuliah Tata Rias Foto/Tv/Film dan Karakter di Jurusan Tata Rias dan Kecantikan. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_02_ADINDA_DWI_PUTRI_18078086_3689_2022.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Rias Karakter merupakan salah satu materi pada mata kuliah Rias Foto/TV/Film dan Karakter pada jurusan tata rias dan kecantikan yang materinya terdiri dari teori dan praktek. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa kurangnya self direct learning mahasiswa terhadap materi rias karakter ini. Mahasiswa kesulitan dalam menentukan tema rias karakter yang menjadi tugas akhir pada materi ini. Selain itu mahasiswa juga kesulitan dalam memahami konsep yang ada pada materi ini dikarenakan pada perkuliahan mahasiswa dituntut untuk belajar mandiri dengan cara balnded learning baik tatap muka maupun secara online (e-learning). Berdasarkan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas media video pembelajaran pada materi rias karakter yang dikembangkan agar bisa membantu mahasiswa mempelajari materi rias karakter secara mandiri baik untuk pembelajaran tatap muka maupun online (e�learning).Video pembelajaran ini juga bisa digunakan sebagai referensi mahasiswa mencari tema rias karakter untuk penyelesaian tugas pada mata kuliah rias Foto/TV/Film dan karakter. Penggunaan metode pada penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Ploomp. Tahapan model Ploomp yaitu investigasi awal yang terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis mahasiswa, pengembangan dan pembuatan prototype yang terdiri dari uji validitas dan fase penilaian yang terdiri dari uji praktikalitas dan uji efektifitas. Simpulan hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran rias karakter yang dihasilkan valid yang ditunjukkan pada hasil uji validasi ahli media adalah 0,85 dan validasi ahli materi 0,88. Berdasarkan hasil uji validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran rias karakter yang dikembangkan valid untuk digunakan. Sedangkan kepraktisan dari dosen sebesar 82% dengan kriteria praktis dan kepraktisan dari mahasiswa sebesar 93,9% dengan kriteria sangat praktis. Video pembelajaran yang dihasilkan juga efektif digunakan yang ditunjukkan dengan perbedaan nilai hasil belajar mahasiswa saat posttest lebih tinggi dari nilai hasil belajar pretest. Video pembelajaran ini dapat dimanfaatkan sebagai video pembelajaran materi rias karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Rias Karakter, Validitas, Praktikalitas dan Efektivitas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:58
Last Modified: 20 Oct 2022 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40466

Actions (login required)

View Item View Item