Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pariaman

Putri, Yelza Sonia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YELZA_SONIA_PUTRI_18031118_3020_2022.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu Keterampilan Abad ke- 21 yang diperlukan untuk dimiliki tiap individu. Proses pembelajaran yang cenderung berpusat kepada guru (teacher centered) menyebabkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik di SMAN 1 Pariaman masih tergolong sangat rendah. Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang mampu menstimulasi perkembangan keterampilan berpikir kreatif peserta didik salah satunya yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X di SMAN 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal tes keterampilan berpikir kreatif dalam bentuk uraian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kovarian (ANCOVA) dengan bantuan program SPSS 23 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen (74,36) dan pada kelas kontrol (64,18). Analisis data menggunakan uji One-way ANCOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh berarti terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X di SMAN 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:04
Last Modified: 19 Oct 2022 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40462

Actions (login required)

View Item View Item