Preparasi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) Menggunakan Polikuersetin sebagai Zat Warna untuk Meningkatkan Efesiensi Sel Surya

Putri, Yollanda Prissila (2022) Preparasi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) Menggunakan Polikuersetin sebagai Zat Warna untuk Meningkatkan Efesiensi Sel Surya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_YOLLANDA_PRISSILA_PUTRI_18036100_4549_2022.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) merupakan salah satu jenis sel surya generasi ketiga berbasis zat wama yang berfungsi sebagai penyerap foton. Modifikasi penelitian dilakukan pada zat wama kuersetin untuk memperbanyak ikatan rangkap dan semikonduktor yang digunakan dilakukan dengan cara doping Ti02 - ZnO. Doping dapat menurunkan energy gap yang menyebabkan meningkatnya konduktivitas Ti02. Ti02 - ZnO dikarakterisasi menggunakan Spektrofotometer UV-DRS, sedangkan karakterisasi zat wama menggunakan FTIR. Pengujian DSSC dilakukan perlakuan variasi konsentrasi monomer, variasi konsentrasi inisiator dan variasi volume cross/inker. Preparasi lapisan Ti02 - ZnO menggunakan metode doctor blade pada kaca ITO dan zat wama direndam pada poli kuersetin. Rangkaian DSSC disusun membentuk sandwich yang saling berhadapan antara elektroda kerja dan counter electrode. Elektroda tersebut dijepit kemudian ditetesi dengan larutan elektrolit semi padat. Nilai efesiensi DSSC dapat di uji dari hasil pengukuran dan hambatan tegangan dengan reactor sinar UV daya 24 watt/m2 menggunakan multimeter digital. Hasil karakterisasi zat wama poli kuersrtin menunjukkan pada Ti02 - ZnO mengalami penurunan energy gap sebesar 3,2 eV menjadi 3,02 eV. Efesiensi tertinggi dihasilkan pada konsentrasi monomer 2,5 gram sebesar 11,8% dan konsenstrasi inisiator 1 % yang menghasilkan efesiensi tertinngi yaitu 14,5%. Pada crosslinker efesiensi tertinggi dihasilkan pada volume 2,5 ml dengan efesiensi sebesar 11,3 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:03
Last Modified: 19 Oct 2022 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40459

Actions (login required)

View Item View Item