Analisis Proses Pembelajaran Biologi Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan dan Ekskresi Manusia di SMPN 2 Lembah Gumanti

Friatma, Ayunda (2022) Analisis Proses Pembelajaran Biologi Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan dan Ekskresi Manusia di SMPN 2 Lembah Gumanti. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AYUNDA_FRIATMA_17177006_1880_2022.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penilaian pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam usaha peningkatan mutu pendidikan. Observasi mengenai penilaian peserta didik yang dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus − 31 September 2018 diperoleh hasil yang kurang memuaskan. Rendahnya hasil pembelajaran menujukkan bahwa peserta didik masih belum memahami materi yang dipelajari. Beberapa hal menimbulkan rasa ingin tahu untuk melihat proses pembelajaran dan menggambarkan proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai pada pengamatan proses pembelajaran biologi kelas VIII materi sistem pernapasan dan ekskresi di SMPN 2 Lembah Gumanti yaitu proses perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan proses penilaian hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII di SMPN 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Informan penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII1, VIII2, VIII3, VIII4, dan VIII5 serta guru yang mengajar pada kelas tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat yang digunakanyaitu handycam sebagai alat dokumentasi pelaksanaan proses pembelajaran, lembar observasi, dan lembar pertanyaan wawancara. Teknik yang digunakan untuk memeriksa keabsahan data adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Perencanaan proses pembelajaran yang dirancang guru dalam RPP ada yang sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 dan ada yang belum sesuai. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru juga ada beberapa hal yang belum sesuai dengan RPP. Penilaian hasil pembelajaran yang dilaksanakan guru berbeda dengan yang direncanakan dalam RPP

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:03
Last Modified: 19 Oct 2022 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40455

Actions (login required)

View Item View Item