Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Putri, Atika (2022) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ATIKA_PUTRI_19124004_4864_2022.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya kurangnya penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar Pembelajaran Tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wilayah I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. (2) Pengaruh Motivasi terhadap hasil belajar siswa Pembelajaran Tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wilayah I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. (3) Pengaruh model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture dan motivasi terhadap hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wilayah I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Research). Desain penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang penelitian dilaksanakan di SD Negeri Wilayah I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman pada semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan tema 5 Pahlahwanku Subtema 3 Sikap Kepahlawanan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Langkah penelitian ini ada beberapa tahap yaitu: tahap praeksperimen, tahap eksperimen dan tahap pascaeksperimen. Instrumen yang digunakan berupa pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi seperti data hasil belajar, jumlah dan daftar siswa dan proses pembelajaran yang pernah dilakukan, tes hasil belajar dan angket (kuesioner) untuk mengukur variabel pembelajaran Cooperative tipe Picture and Picture, dan motivasi siswa. Hasil penelitian diperoleh (1) Ada pengaruh yang signifikan model picture and picture (X1) terhadap hasil belajar (Y) tematik terbukti diperoleh nilai thitung sebesar (5.687) > ttabel (1.71387) dan nilai sig. 0.000 < (α = 0,05). (2) Ada pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) terbukti diperoleh nilai thitung (3.325) > ttabel (1.71387) dan nilai sig. 0.001. (3) Ada pengaruh model picture and picture (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) terbukti diperoleh nilai F hitung (32.066) > Ftabel (3.97). dan nilai probabilitas (sig) = 0,000. Kesimpulan model pembelajarna Cooperative Learning Tipe Picture and Picture (X1), dan motivasi (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Wilayah I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. (Y)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:02
Last Modified: 19 Oct 2022 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40454

Actions (login required)

View Item View Item