The Problems Faced by The Teachers and The Students during Implementation of English Online Learning Process in Senior High School Kota Solok. Tesis. Universitas Negeri Padang.

Salima, Annisa (2022) The Problems Faced by The Teachers and The Students during Implementation of English Online Learning Process in Senior High School Kota Solok. Tesis. Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ANNISA_SALIMA_19178041_2826_2022.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran online, terdapat berbagai permasalahan yang dialami oleh guru dan siswa. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk menemukan bagaimana pelaksanaan pembelajaran online dalam proses pembelajran Bahasa Inggris, untuk menemukan permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa, dan untuk menemukan persepsi siswa terhadap pelaksanaan plembelajaran online selama proses pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 dan SMAN 3 Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan Analisis Percakapan (Conversation Analysis) untuk menganalisa interaksi guru dan siswa. Data dari penelitian ini diperoleh melalui transkrip interkasi guru dan siswa pada rekaman video pertemuan Zoom dan Google Classroom, wawancara guru dan siswa terkait permasalahan yang mereka hadapi, dan memberikan e-kuesioner siswa terkait persepsi mereka terhadap pembelajaran online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pra pertemuan dan pasca pertemuan dilaksanakan melalui WhatsApp dan Google Classroom secara asinkron. Sementara, kegiatan pertemuan ini dilaksanaka melalui Zoom Cloud Meeting secara sinkron yang mana guru menggunakan metode pendekatan ilmiah. Namun, ada beberapa tahapan pembelajaran tidak dilaksanakan, seperti memotivasi, apersepsi, mengasosiasi, mengkomunikasikan, dan refleksi. Selain itu, terdapat beberapa masalah yang dihadapi guru, yaitu rendahnya motivasi siswa, waktu yang terbatas, kesulitan mengakses internet karna sinyal yang lemah, sulit menyampaikan materi tertentu, dan kesulitan membuat siswa terlibat selama proses pembelajaran meskipun telah menggunakan berbagai metode. Kemudian, permasalahan juga dihadapi oleh siswa, seperti kondisi fisik yang kurang baik dan kurang nya motivasi, sulitnya berinteraksi dengan guru dan teman sekelas, kesulitan mengakses internet, kesulitan beradaptasi dengan metode yang digunakan guru. Terakhir, siswa memiliki persepsi yang positif terhadap pembelajaran online yang mana pembelajaran online memiliki keunggulan dalam interaksi sosial, kehadiran sosial, dan penampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:13
Last Modified: 19 Oct 2022 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40448

Actions (login required)

View Item View Item