Pengembangan Soal Tes Biologi Berbasis Kerangka Norris­ Ennis pada Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI

Gusti, Widya (2022) Pengembangan Soal Tes Biologi Berbasis Kerangka Norris­ Ennis pada Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_WIDYA_GUSTI_17031195_4804_2022.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Tes adalah suatu prosedur yang spesifik dan sistematis untuk mengukur tingkah laku seseorang, atau suatu pengukuran yang bersifat objektif mengenai tingkah laku seseorang, sehingga tingkah laku tersebut dapat digambarkan dengan bantuan angka, skala atau dengan sistem kategori. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu membiasakan peserta didik dalam mengerjakan soal tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk soal esai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Soal Tes Biologi Berbasis Kerangka Norris-Ennis pada Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI yang valid, praktis, memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi, daya pembeda baik dan reliabel. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D models, tetapi pada penelitian ini hanya sampai model 3D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek penelitian ini dilakukan oleh 3 orang dosen yang ahli pada bidangnya, 2 orang guru dan 30 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 8 Padang. Data diperoleh melalui angket validitas dan praktikalitas. Untuk memperoleh data mengenai kualitas soal maka dianalisis menggunakan aplikasi ANATES 4.05. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai rata-rata validitas logis sebesar 80, 13% dengan kategori valid, nilai rata-rata praktikalitas sebesar 95,83% dengan kategori sangat praktis, dan rata-rata praktikalitas dari peserta didik sebesar 81,25% dengan kategori praktis. Tingkat kesukaran sedang, daya pembeda yang baik, dan reliabel dengan persentase 0,84 dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan Soal Tes Biologi Berbasis Kerangka Norris-Ennis pada Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI yang valid secara logis dan empiris, praktis, memiliki tingkat kesukaran sedang, daya pembeda yang baik dan reliabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:04
Last Modified: 18 Oct 2022 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40444

Actions (login required)

View Item View Item