Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis lnkuiri Terbimbing Menggunakan LMS Moodie pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA

Pratama, Vecghy James (2022) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis lnkuiri Terbimbing Menggunakan LMS Moodie pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_VECGHY_JAMES_PRATAMA_17035115_4430_2022.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi pada revolusi industri 4.0 telah membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat di berbagai bidang, termasuk di bidang pendidikan. Untuk itu, pendidik hams mampu memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran agar dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta bisa mengikuti Kurikulum 2013. Dimana kurikulum 2013 menuntut siswa lebih aktif pada pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan LMS Moodie pada materi struktur atom, serta dapat mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan produk yang dibuat. J enis penelitian yang dilakukan adalah Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model pengembangan Ploomp. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang dosen kimia, FMIPA UNP, 3 orang guru kimia, dan 15 orang siswa kelas XII IPA SMAN 8 Padang. Penelitian ini dilakukan untuk uji validitas menggunakan rumus Aiken's V dan uji kepraktisan menggunakan rumus persentase. Lima validator menguji validitas dan tiga siswa untuk one to one evaluation pada 3 siswa. Hasil pengolahan data uji validitas adalah 0,90 yang menunjukkan kategori valid. Untuk pengolahan data uji praktikalitas didapatkan hasil, uji kepraktisan untuk siswa sebesar 89%, dan uji kepraktisan untuk guru sebesar 91 % yang menunjukkan kategori sangat praktis. Bisa disimpulkan bahwa sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan LMS moodle pada materi struktur atom kelas X SMA/MA dapat dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:03
Last Modified: 18 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40440

Actions (login required)

View Item View Item