Analisis Konten Buku Teks Kimia SMA/MA Berdasarkan Representasi Tetrahedral Chemistry pada Materi Hidrolisis Garam

Hizriati, Widia (2022) Analisis Konten Buku Teks Kimia SMA/MA Berdasarkan Representasi Tetrahedral Chemistry pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Widia_Hizriati_17035117_3635_2022.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Hidrolisis garam merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh peserta didik karena konsepnya yang abstrak. Konsep abstrak menyulitkan peserta didik dalam membayangkan bagaimana suatu zat mengalami reaksi. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman peserta didik adalah buku teks. Buku teks yang dipakai dalam pembelajaran kimia hanya memaparkan materi secara tertulis, tidak representatif. Materi pembelajaran kimia perlu adanya penjelasan yang sedikit konkret berupa gambar, simulasi, dan lain-lain. Oleh karena itu, perlu adanya representasi kimia yang dimuatkan dalam buku teks untuk memahami konsep kimia. Representasi makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik dapat meningkatkan pemahaman yang baik mengenai suatu konsep materi pembelajaran. Disamping itu, materi hidrolisis garam banyak berperan dalam kehidupan sehari- hari, sehingga diperlukan aspek barn yaitu human element untuk menghubungkan konsep kimia dalam kehidupan. Keempat aspek ini disebut dengan repressentasi tetrahedral chemistry. Repesentasi ini membantu peserta didik memahami pembelajaran kimia pada tingkat makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik, serta menekankan konteks ilmu kimia dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten buku teks kimia SMA/MA berdasarkan representasi tertrahedral chemistry. Penelitian ini menggunakan teknik analisis konten yang didasarkan pada kriteria dan tipologi serta indikator human element. Sampel penelitian ini yaitu tiga buku teks kimia yaitu pengarang Unggul Sudarmo; Tine Maria Kuswati, Ernavita, Ratih, Sukardjo; Sentot Budi Rahardjo, dan Ispriyanto. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu software ATLAS.ti, dan lembar reliabilitas. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa buku teks terfokus pada representasi simbolik. Human element hanya ditemukan pada buku teks 2, sedangkan buku teks yang lain tidak ada. Ketiga buku teks belum memuat representasi tetrahedral chemistry.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:03
Last Modified: 18 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40439

Actions (login required)

View Item View Item