Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri dan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pembelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar

Mahdalena, Afriya (2022) Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri dan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pembelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AFRIYA_MAHDALENA_20124002_2022.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi, model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar belum terlihat, siswa memperoeh pengetahuan dari penjelasan guru saja ,dan soal yang diberikan masih berupa soal-soal di buku siswa dan belum mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1. menjelaskan perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok konvensional 2. perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa laki laki dan siswa perempuan pada kelompok eksperimen dengan konvensional. 3. interaksi mengunakan model pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen dengan konvensional. Jenis penelitian yang digunakan Metode faktorial desain treatment by level 2x2, pada kedua kelas sampel diterapkan perlakuan yang berbeda, pada kelas eksperimen model inkuiri sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pendekatan konvensional. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Nagari Malai Kec.Sungai Geringging dengan sampel SDN 19 sungai geringging kelas eksperimen dan SDN 07 Sungai Geringging kelas kontrol, Pengambilan sampel dengan teknik multitistage random sampling, teknik analis data mengunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, analisis statistik deskriptif berupa deskripsi data hasil penelitian, sedangkan analisis deskriptif inferensial berupa uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok konvensional kelas II SD Di Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging, Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa laki laki dan siswa perempuan pada kelompok eksperimen dengan konvensional kelas II SD Di Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging, terdapat Interaksi mengunakan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen dengan konvensional kelas II SD Di Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:03
Last Modified: 18 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40434

Actions (login required)

View Item View Item