Literasi Digital Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Angkatan 2021 Ditinjau dari Enam Komponen Literasi Digital

Fajr, Vanny Kurniati (2022) Literasi Digital Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Angkatan 2021 Ditinjau dari Enam Komponen Literasi Digital. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_VANNY_KURNIATI_FAJRI_17046191_3960_2022.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemajuan dunia teknologi dan informasi di Indonesia. Mahasiswa harus memiliki keterampilan literasi digital untuk menghadapi kemajuan teknologidan informasi. Berdasarkan survei awal literasi digital mahasiswa prodi pendidikan sejarah angkatan 2021 masih berada pada kategori kurang baik. Literasi digital terdiri atas enam komponen antara lain: literasi teknologi, literasi informasi, literasi komputer, literasi media, literasi media dan literasi komunikasi. Dari keenam komponen literasi digital mahasiswa prodi pendidikan sejarah angkatan 2021 masih kurang baik dari segi pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan. Kondisi ini membuat peneliti tertarik untuk mengukur tingkat literasi digital mahasiswa prodi pendidikan sejarah angkatan 2021. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat literasi digital mahasiswa prodi pendidikan sejarah angkatan 2021 yang ditinjau dari enam komponen literasi digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed method. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan sejarah angkatan 2021 yang berjumlah 133 orang. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Pertanyaan angket terdiri dari 10 indikator dan 30 butir pertanyaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan random sampling sebanyak 100 orang mahasiswa. Teknik ii analisis data yang digunakan adalah rerata untuk data kuantitatif dan model interaktif dari Miles dan Huberman untuk data kuallitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital mahasiswa prodi pendidikan sejarah angkatan 2021 adalah baik dengan rerata 2,5. Tiga komponen literasi digital mahasiswa tergolong baik yaitu: literasi teknologi dengan rerata2,8, literasi komputer dengan rerata 2,6, dan literasi komunikasi dengan rerata 2,7. Sedangkan tiga komponen literasi digital lainnya tergolong cukup baik antara lain: literasi informasi 2,2 dengan rerata, literasi media 2,5 dengan rerata dan literadi visual 2,3dengan rerata. Keterampilan literasi teknologi,literasi komputer dan literasi komunikasi sudah baik berdasarkan hasil wawancara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Mahasiswa Pendidikan Sejarah, Komponen Literasi Digital
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:02
Last Modified: 18 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40433

Actions (login required)

View Item View Item