Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMAN 2 Padang

Murianti, Tri Lestari Agus (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_TRI_LESTARI_AGUS_MURIANTI_18031033_3006_2022.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Proses kegiatan belajar di SMAN 2 Padang terlihat bahwa masih menggunakan model pembelajaran langsung. Selama proses kegiatan belajar peserta didik cenderung hanya memperhatikan guru menjelaskan materi, menjawab pertanyaan sederhana yang diberikan oleh guru serta masih kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik, selain itu di SMAN 2 Padang juga belum diketahuinya pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang aktif selama proses pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis peserta didik rendah. Hasil uji pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih dalam kategori sangat rendah, karena peserta didik terbanyak terdapat pada skor sangat rendah yaitu sebesar 34,11 %. Hal yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 2 Padang tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu lembar soal esai kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan ANCOVA berbantuan program SPSS 25. Hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 77 ,89 dan kelas kontrol 61,91. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu [F (1,68) = 14,691, p = 0,00, np2 = 178]. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Solving berpengaruh positif berarti terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 2 Padang tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:58
Last Modified: 18 Oct 2022 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40425

Actions (login required)

View Item View Item