Meta Analisis Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

Khairi, Ukhlufi (2022) Meta Analisis Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_UKHLUFI_KHAIRI_18033114_2915_2022.pdf

Download (866kB) | Preview

Abstract

Abad 21 merupakan abad dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang pesat. Pembelajaran abad 21 menuntut guru untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dan mengubah sistem pembelajaran dari berpusat kepada guru menjadi berpusat kepada peserta didik. Namun, beberapa masalah yang ditemukan dari berbagai artikel terkait hasil belajar diantaranya proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional atau ceramah, serta proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Solusi dari permasalahan ini adalah penggunaan model blended learning. Hasil-hasil penelitian terdahulu sebagian besar menunjukkan bahwa model blended learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik. penelitian yang menggabungkan hasil-hasil penelitian tersebut diperlukan untuk melihat pengaruh sejumlah penelitian sejenis yang diberikan model blended learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik, serta dari berbagai variabel moderator. Jenis penelitian yang dilakukan, yaitu penelitian meta analisis dengan pendekatan kuantitatif Penelitian ini dilakukan dengan kriteria artikel yang digunakan, yaitu artikel merupakan terbitan terbaru, terdapat informasi yang mendukung meta analisis, dan terdapat informasi statistik deskriptif untuk mendapatkan nilai effect size. Variabel dalam penelitian ini, yaitu model blended learning sebagai variabel bebas, hasil belajar fisika peserta didik sebagai variabel terikat, serta tingkatan kelas, materi pembelajaran dan media pembelajaran sebagai variabel moderator. Teknik analisis data menggunakan persamaan Cohen's, serta perhitungan pengaruh menggunakan 2 model yaitu model random effect dan model.fixed effect. Berdasarkan meta analisis yang sudah dilakukan diperoleh empat hasil penelitian. Pertama, pengaruh sejumlah penelitian sejenis dari model blended learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik menunjukkan bahwa model blended learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Kedua, berdasarkan tingkatan kelas menunjukkan bahwa kelas XI lebih memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Ketiga, berdasarkan materi pembelajaran menunjukkan materi alat optik memberikan dampak lebih signifikan terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Keempat, berdasarkan media pembelajaran yang lebih memberikan dampak signifikan dari sejumlah penelitian sejenis yaitu media schoology.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:53
Last Modified: 18 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40421

Actions (login required)

View Item View Item