Hubungan Pengetahuan Peserta Didik tentang Sistem Reproduksi dengan Sikapnya terhadap Kesehatan Reproduksi di SMA Negeri 4 Padang

Ramadani, Sinta (2022) Hubungan Pengetahuan Peserta Didik tentang Sistem Reproduksi dengan Sikapnya terhadap Kesehatan Reproduksi di SMA Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Sinta_Ramadani_14031019_2465_2022.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Kesehatan reproduksi merupakan salah satu masalah utama yang terjadi pada remaja di Indonesia, termasuk remaja yang ada di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang. Di Kota Padang, banyak ditemukan kasus perilaku seksual beresiko yang dilakukan oleh remaja. Banyaknya kasus perilaku seksual beresiko yang terjadi pada remaja disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang sistem reproduksi yang dimiliki oleh remaja, sehingga remaja juga memiliki sikap yang kurang baik terhadap kesehatan reproduksinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan peserta didik tentang sistem reproduksi dengan sikapnya terhadap kesehatan reproduksi di SMA Negeri 4 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel berjumlah 88 orang peserta didik kelas X, XI, dan XII MIPA. Pengambilan data menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda dengan rata-rata nilai validitas soal sebesar 4, 17 dengan kriteria valid, dan kuesioner dengan rata-rata nilai validitas kuesioner sebesar 4,23 dengan kriteria sangat valid. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan peserta didik tentang sistem reproduksi termasuk kriteria baik dengan nilai rata-rata 67. Sikap peserta didik terhadap kesehatan reproduksi termasuk kriteria baik dengan nilai rata-rata 68. Terdapat hubungan antara pengetahuan peserta didik tentang sistem reproduksi dengan sikapnya terhadap kesehatan reproduksi di SMA Negeri 4 Padang dengan nilai koefisien korelasi 0,93 yang tergolong kriteria sangat kuat, dan memiliki hubungan yang signifikan. Hasil kontribusi pengetahuan terhadap sikap sebesar 86,49%, sisanya sebesar 13,51% ditentukan oleh faktor lain. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peserta didik dengan pengetahuan tentang sistem reproduksi yang baik memiliki sikap yang baik juga terhadap kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:33
Last Modified: 17 Oct 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40408

Actions (login required)

View Item View Item