Upaya Meningkatkan Efisiensi Waktu Kerja Alat Angkut Dump Truck (HD 125 PS ) untuk Mencapai Target Produksi pada THC-04 CV. Tahiti Coal, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat.

Hamzah, Ismail (2022) Upaya Meningkatkan Efisiensi Waktu Kerja Alat Angkut Dump Truck (HD 125 PS ) untuk Mencapai Target Produksi pada THC-04 CV. Tahiti Coal, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_ISMAIL_HAMZAH_18080021_842_2022.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Produktivitas merupakan salah satu tolak ukur dalam menentukan jumlah alat, menghitung biaya produksi dan memperkirakan waktu yang diperlukan. Jika suatu alat belum ditempatkan di lapangan untuk melakukan pekerjaan, maka sulit untuk mengetahui nilai produktivitas yang sebenarnya dari alat tersebut. Yang dapat diketahui hanyalah taksiran produksinya. Efesiensi kerja merupakan perbandingan antara waktu kerja efektif dengan waktu kerja yang tersedia, dinyatakan dalam %. Efesiensi kerja ini akan mempengaruhi kemampuan produksi dari suatu alat. CV. Tahiti Coal menggunakan sistem penambangan room and pillar dengan pembuatan lubang maju. Salah satu lubang bukaan pada CV. Tahiti Coal yaitu THC-04 yang terdiri dari 4 cabang dan 1 lubang maju. Pada setiap cabang CV. Tahiti Coal memiliki 2 – 3 orang pekerja. Setiap pekerja memiliki aturan tersendiri yang ditetapkan oleh perusahaan yang berpedoman kepada SOP, contohnya seperti waktu bekerja, melakukan pemakaian APD atau alat pelindung diri, dan sebagainya. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisa yang penulis lakukan Hasil produksi batubara pada area THC-04 CV. Tahiti Coal perbulannya tidak mencapai target produksi yang telah ditetapkan oleh CV. Tahiti Coal yaitu sebanyak 1000 ton/bulan. Batubara tertumpuk pada persimpangan setiap cabang dan target tidak tercapai dikarenakan keterlambatan supir atau operator Dump Truck pada saat jam kerja mulai dan setelah istirahat siang. Total produksi batubara/bulan alat angkut truk pada area THC-04 CV. Tahiti Coal adalah 837,88 ton/bulan. Upaya untuk mencapai target produksi batubara sebanyak 1000 ton/bulan pada lubang bukaan area THC-04 adalah dengan cara meminimalkan lost time pada waktu kerja. Sehingga, hasil produksi yang didapatkan setelah melakukan upaya tersebut adalah 1002,282 ton/bulan. Maka target produksi alat angkut truk pada area THC-04 tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PERTAMBANGAN, PRODUKSI, ALAT BERAT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:00
Last Modified: 17 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40394

Actions (login required)

View Item View Item