Pengembangan Media Pembelajaran Flip PDF Professional Berbasis Android pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK

Hardiyanti, Siska (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Flip PDF Professional Berbasis Android pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SISKA_HARDIYANTI_17061041_2210_2022.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diangkatkan berdasarkan latar belakang banyaknya siswa yang mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran pengelolaan bisnis konstruksi dan properti disebabkan karena perubahan pada sistem belajar dan belum tersedianya buku referensi sebagai sumber belajar serta kurang memadainya media pembelajaran saat proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran Flip PDF Professional berbasis android yang valid. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluated) yang dikembangkan oleh Ivers & Barron. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI BKP (Bisnis Konstruksi Properti) SMK N 1 Bukittinggi semester 1 dan objek penelitiannya yaitu media pembelajaran PDF Professional berbasis android. Instrumen pengumpulan data diambil menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru dan siswa untuk menguji tingkat kevalidan media pembelajaran Flip PDF Professional berbasis android yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas media pembelajaran oleh validator ahli materi adalah 0,97 masuk dalam kategori valid, penilaian oleh validator ahli media adalah 0,93 masuk dalam kategori valid, evaluasi oleh guru dengan nilai 0,96 masuk dalam kategori valid dan evaluasi oleh siswa dengan nilai 0,80 masuk ke dalam kategori valid. Keefektifan media dilihat dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media mengalami peningkatan yang cukup signifikan dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang menyatakan t-hitung lebih besar dari t-tabel (6,84 > 2,01), rata-rata hasil evaluasi dari 24 orang siswa yang mengikuti test sebelum menggunakan media pembelajaran O1 = 54,58 dan hasil evaluasi setelah menggunakan media pembelajaran O2 = 72,29

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:00
Last Modified: 17 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40393

Actions (login required)

View Item View Item