Preferensi Masyarakat Kota Padang Terhadap Penggunaan Jasa Taksi Online (Go-car) Tahun 2021 Menggunakan Analisis Konjoin

Khairul, Rivaldo (2022) Preferensi Masyarakat Kota Padang Terhadap Penggunaan Jasa Taksi Online (Go-car) Tahun 2021 Menggunakan Analisis Konjoin. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_RIVALDO_KHAIRUL_17037059_4326_2022.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Perkembangan mode transportasi di Indonesia semakin pesat terlihat dari munculnya transportasi taksi on line. Jasa taksi on line yang sedang marak digunakan yaitu Go-car, maxim dan Grab-car. Jasa taksi online memiliki berbagai cara untuk memfasilitasi konsumen sehingga menimbulkan daya saing antar pengusaha taksi online. Pengusaha taksi online dituntut lebih profesional agar dapat menarik perhatian konsumen. Daya saing ini membuat pengusaha taksi online perlu mengetahui apa saja yang menjadi preferensi konsumen dalam menggunakan jasa taksi on line. Preferensi ini membantu pengusaha taksi online dalam berbenah diri baik dari segi sistem kerja sampai pada sikap profesional driver taksi online terhadap konsumen. Sejalan dengan tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai utilitas taraftertinggi masing-masing atribut, mengetahui kombinasi tarafyang paling disukai dan kurang disukai oleh masyarakat, dan menentukan atribut apa yang paling penting bagi masyarakat dalam menggunakan taksi online. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Padang pengguna jasa taksi online berusia 17 tahun sampai 54 tahun baik yang memesan langsung taksi online ataupun yang pemah menggunakan taksi online dengan menggunakan voluntary sampling. Data penelitian ini tergolong data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan analisis konjoin. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai utilitas tertinggi untuk atribut pelayan driver secara ramah sebesar 52, cara driver mengemudi yang nyaman sebesar 49,65, ketepatan waktu penjemputan dan cara pembayaran secara non tunai sebesar 6,25. Kombinasi yang paling disukai konsumen adalah pelayanan driver yang ramah, driver mengemudi dengan nyaman, penjemputan yang tepat waktu dan pembayaran non tunai. Sedangkan kombinasi yang paling kurang disukai adalah pelayanan driver yang tidak ramah, driver mengemudi dengan tidak nyaman, penjemputan yang tidak tepat waktu dan pembayaran tunai. Kemudian atribut yang paling penting bagi masyarakat adalah atribut pelayanan driver.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:00
Last Modified: 17 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40390

Actions (login required)

View Item View Item