Analisis Pergerakan Arus Lalu Lintas di Dalam Kawasan Kampus Universitas Negeri Padang (Studi Kasus: Kampus Utama Air Tawar Padang)

Zalmiarty, Khairunisa Try (2022) Analisis Pergerakan Arus Lalu Lintas di Dalam Kawasan Kampus Universitas Negeri Padang (Studi Kasus: Kampus Utama Air Tawar Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KHAIRUISA_TRY_ZALMIARTY_20323085_2022.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di kota Padang yang dalam beberapa tahun ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini juga secara tidak langsung akan menyebabkan meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi oleh sivitas akademika dan pengguna lain yang beraktivitas di dalam kawasan kampus UNP. Diperlukan analisis dan solusi agar transportasi yang terjadi di UNP berjalan dengan lancar, aman dan nyaman. Penelitian ini menganalisis kinerja simpang dan ruas jalan di masa sekarang dan meramalkan kinerja simpang dan kinerja ruas jalan masa 5 tahun mendatang dengan memberikan solusi alternatif untuk memperbaiki permasalahan yang mungkin akan terjadi. Parameter yang digunakan untuk menjadi acuan pertumbuhan volume lalu lintas adalah pertumbuhan dari kenaikan jumlah mahasiswa, dosen, maupun karyawan UNP tiap tahunnya diperoleh sebesar 20%. Pengolahan data yang dilakukan mengacu kepada aturan MKJI 1997. Kinerja simpang jalan eksisting pada 5 tahun mendatang di kawasan UNP yaitu Derajat Kejenuhan 1,15 yang terbesar dan Derajat Kejenuhan terkecil 0,50. Diperoleh tundaan pada simpang yang terbesar yaitu 31,68 detik dan yang terkecil tundaan sebesar 8,55 detik. Sedangkan kinerja ruas jalan diperoleh Derajat Kejenuhan terbesar yaitu 0,70 dan terkecil 0,25. Menimbang kinerja jalan yang akan terjadi 5 tahun mendatang, maka perlu adanya solusi perbaikan simpang ataupun ruas, baik perubahan manajemen lalu lintas maupun perbaikan geometrik jalan. Serangkaian alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja simpang yaitu pengalihan arus lalu lintas (jalan satu arah), memperbaiki geometrik jalan, dan pengaturan ulang manajemen lalu lintas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:00
Last Modified: 17 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40389

Actions (login required)

View Item View Item