Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X TKR di SMK Negeri 1 Tanjung Raya

Ramdani, Ridwan (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X TKR di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_RIDWAN_RAMDANI_15073024_485_2022.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki berbagai program keahlian. Pada proses pembelajaran siswa diajarkan dengan berbagai materi yang terkait dengan skill sehingga dapat membantu mereka untuk bekerja ataupun membuka lapangan pekerjaan setelah tamat nantinya. SMK Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau memiliki beberapa spectrum keahlian, salah satu diantaranya yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Jurusan ini memiliki banyak mata pelajaran. Salah satu mata pelajaran produktifnya yaitu Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). Pada mata pelajaran PDTO yang mana proses pembelajaran masih menerapkan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah yang hanya dibantu media papan tulis. Proses pembelajaran ini mengacu kepada konsep teacher centre sehingga kurangnya interaksi dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan Quasy Eksperiment dengan desain penelitian yang dipilih adalah Post-test Only Control Design. Penerapan metode Flipped Classroom pada proses pembelajaran dikelas eksperimen terjadi perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada kelas kontrol rata-rata nilai siswa 54, persentase ketuntasan siswa 33%, sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai siswa 69, persentase ketuntasan siswa 70%. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat keberhasilan penerapan metode pembelajaran Flipped Classroom ini terhadap hasil belajar siswa pada proses pembelajaran materi Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar penilaian hasil belajar. Data kuantitatif yang didapatkan kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Oct 2022 01:59
Last Modified: 17 Oct 2022 01:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40381

Actions (login required)

View Item View Item