Perkembangan Peternakan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas Kabupaten Lima Puluh Kota (2011- 2020)

Yenti, Gesi Putri (2022) Perkembangan Peternakan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas Kabupaten Lima Puluh Kota (2011- 2020). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_GESI_PUTRI_YENTI_18046069_3044_2022.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Perkembangan Peternakan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas Kabupaten Lima Puluh Kota (2011-2020). Permasalahaan penelitian dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana perkembangan peternakan BPTU-HPT Padang Mengatas tahun 2011-2020. (2) Bagaimana BPTU-HPT Padang Mengatas bertransformasi menjadi peternakan berbasis edukasi dan wisata. Penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan peternakan BPTU-HPT Padang Mengatas tahun 2011-2020 serta mendeskripsikan BPTU-HPT Padang Mengatas sebagai peternakan berbasis edukasi dan wisata.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif sejarah, oleh karena itu peneltian tentang Perkembangan Peternakan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas Kabupaten Lima Puluh Kota (2011-2020) menggunakan metode sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) heuristik, pengumpulan berbagai data dari sumber primer melalui wawancara dengan para pelaku sejarah yaitu pihak BPTU-HPT Padang Mengatas, arsip dan observasi, sedangkan sumber sekunder diperoleh dari sumber tertulis berupa skripsi yang penulis temukan di Labor Sejarah UNP, beberapa jurnal dan artikel yang penulis temukan di internet, dan beberapa dokumen yang diterbitkan berupa laporan kinerja BPTU-HPT Padang Mengatas yang diterbitkan oleh Kementerian Pertanian RI yang penulis dapatkan dari internet, serta wawancara dengan saksi sejarah yaitu dengan masyarakat Mungo, (2) kritik sumber, (3) interpretasi, (4) historiografi, yaitu penulisan sejarah. Dari pembahasan yang dilakukan dapat diketahui bahwa; Pertama sejak tahun 2013 peternakan BPTU- BPTU-HPT Padang Mengatas mengalami perkembangan baik dari segi kawasan peternakan, peternakan, pengelolaan, maupun pemasaran ternak. Kedua; BPTU-HPT Padang Mengatas selain pusat pembibitan ternak unggul dan pakan ternak juga dijadikan sebagai peternakan berbasis edukasi dan wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Peternakan, BPTU-HPT Padang Mengatas
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:06
Last Modified: 14 Oct 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40366

Actions (login required)

View Item View Item