Evaluasi Nilai Intensitas Konsumsi Energi dan Intensitas Pencahayaan Serta Penghematan Energi Listrik Laboratorium dan Workshop di Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Ferdyansyah, Rahmat (2022) Evaluasi Nilai Intensitas Konsumsi Energi dan Intensitas Pencahayaan Serta Penghematan Energi Listrik Laboratorium dan Workshop di Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RAHMAT_FERDYANSYAH_18062057_1971_2022.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Energi merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia, salah satunya energi listrik. Meskipun energi listrik termasuk kepada energi yang dapat diperbaharui, namun pembangkit listrik umumnya masih menggunakan sumber yang tidak dapat diperbarui. Di Indonesia energi listrik umumnya berasal dari pembakaran batubara. Setiap tahun kebutuhan energi listrik terus bertambah mengikuti pertambahan jumlah penduduk. Listrik dibutuhkan dalam banyak kegiatan manusia, termasuk dalam proses pembelajaran. Intensitas pencahayaan merupakan salah satu aspek penting dalam penunjang proses belajar mengajar, termasuk di Universitas Negeri Padang. Salah satu fakultas Padang yang menggunakan energi listrik dalam jumlah yang besar adalah Fakultas Teknik, termasuk di Jurusan Teknik Sipil yang menggunakan energi listrik untuk membantu proses belajar mengajar baik di kelas, laboratorium, dan Workshop. Umumnya intensitas pencahayaan di laboratorium dan workshop masih di bawah standar sehingga perlu dilakukan tinjauan mengenai intensitas cahaya, sekaligus upaya penghematan energi listrik yang bisa dilakukan. Tujuan dari proyek akhir ini adalah untuk mengetahui besaran nilai intensitas konsumsi energi, intensitas pencahayaan, dan menentukan upaya penghematan energi listrik yang bisa dilakukan di laboratorium dan workshop Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Uji Tarik, Workshop Kayu 1, Workshop Plumbing, Workshop Batu Beton, Laboratorium Konstruksi Perkerasan Jalan Raya dan Workshop Kayu 2. Metode penelitian yang dilakukan berupa pengukuran, observasi dan wawancara. Data primer yang diperlukan dalam proyek akhir ini yaitu berupa identifikasi penggunaan peralatan yang menggunakan energi listrik, luas ruangan, besaran daya, lama penggunaan alat dan intensitas pencahayaan di Laboratorium dan Workshop.Untuk data sekunder yang digunakan berupa Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Pedoman Konservasi Energi dan Pengawasannya di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:06
Last Modified: 14 Oct 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40362

Actions (login required)

View Item View Item