Analisis Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan Akibat COVID 19 (Studi Kasus: Bus Perintis Damri Padang Pariaman Trayek Pertama)

Armal, Priangella (2022) Analisis Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan Akibat COVID 19 (Studi Kasus: Bus Perintis Damri Padang Pariaman Trayek Pertama). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_PRIANGELLA_ARMAL_17062056_949_2022.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Di Kabupaten Padang Pariaman terdapat beberapa angkutan umum dalam kota yang digunakan salah satunya Bus Perintis Damri. Bus Damri yang merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki pemerintah di bawah Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan Umum (Perum) Damri ini diberi tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan jasa angkutan umum untuk penumpang dan barang di atas jalan dengan kendaraan bermotor berdasarkan keputusan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2002 (tentang Perum Damri). Pada awal Januari 2020 Perum Damri resmi mengoperasikan Bus perintis miliknya dengan tiga trayek salah satu diantaranya rute Pariaman- Kurai Taji- Pauh Kembar- Parit Malintang- Kantor Bupati Padang Pariaman dengan jarak tempuh sejauh 24 km. Jumlah armada yang digunakan sebanyak dua unit bus.Tarif yang digunakan pada trayek ini yaitu Rp. 6000.Tujuan dilakukannya tinjauan ini untuk menghitung berapa perbedaan tarif bus yang dihitung berdasarkan biaya operasional kendaraan (BOK) pada trayek pertama bus perintis damri Padang Pariaman pada kondisi normal dengan tarif bus yang dihitung berdasarkan BOK pada Trayek Pertama Bus Perintis Damri Padang Pariaman dalam kondisi pandemi. Data yang diperlukan dalam tinjauan ini diperoleh dengan cara wawancara dengan pihak pengelola bus (data sekunder). Perintis Damri Padang Pariaman Trayek Pertama yaitu Perum Damri cabang Padang. Metode pengolahan data sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor. 89 Tahun 2002 tentang mekanisme penetapan tarif dan formula perhitungan biaya pokok angkutan penumpang dengan mobil, bus umum antar kotakelas ekonomi. Dari hasil perhitungan penulis diperoleh tarif bus Perintis Damri Padang Pariaman berdasarkan BOK pada trayek pertama dalam kondisi normal sebesar Rp 6.537,74 dan tarif Perintis Damri Padang Pariaman berdasarkan BOK pada trayek Pertama dalam kondisi pandemi sebesar Rp 6.641,14. Perbedaan tarif yang diperoleh pada kondisi normal dan kondisi pandemi disebabkan oleh perbedaan kapasitas penumpang yang mana pada kondisi normal kapasitas penumpang adalah 20 sedangkan kondisi pandemi 10 penumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:06
Last Modified: 14 Oct 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40359

Actions (login required)

View Item View Item