Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Materi Aljabar Kelas VII SMP/MTs

Fajriyati, Rahmadhani (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Materi Aljabar Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RAHMADHANI_FAJRIYATI_16029071_3320_2022.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran interaktif merupakan penunjang proses pembelajaran di era digital sekarang. Media interaktif membantu peserta didik membangun pemahaman matematis mereka secara akti£ Penelitian mt bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan konstruktivisme untuk materi aljabar kelas VII SMP/MTs yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah pengembangan, dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase dan assesment phase. Namun, pada penelitian ini dilaksanakan pada preliminary research dan development or prototyping phase. Tahap Preliminary research meliputi analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep. Development or prototyping phase merupakan tahap untuk merancang media pembelajaran interaktif. Pada Prototype 1 dilakukan self evaluation. Pada Protoype 2 dilakukan expert reviews untuk menguji validitas media pembelajaran interaktif Pada Prototype 3 dilakukan one to one dengan mengujicobakan media pembelajaran interaktif kepada tiga orang peserta didik yang berkemampuan berbeda. Pada Prototype 4 dilakukan small group evaluation kepada sembilan orang peserta didik. Small group evaluation dilakukan untuk mengetahui praktikalitas media pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme untuk materi aljabar mempunyai tingkat validitas dengan kategori valid, tingkat praktikalitas dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dihasilkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:00
Last Modified: 14 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40338

Actions (login required)

View Item View Item