Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Pola Busana Sekolah Mata Kuliah Busana Anak Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga FPP UNP

Nadawiyah, Hadzirotun (2022) Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Pola Busana Sekolah Mata Kuliah Busana Anak Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga FPP UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HADZIROTUN_NADAWIYAH_17075119_1910_2022.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran pembuatan pola busana sekolah mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah kerja pembuatan pola busana sekolah yang ada pada jobsheet ini merupakan salah satu kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam mempelajari pembuatan pola busana sekolah. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk melakukan penelitian mengenai pengembangan media pembelajaran pembuatan pola busana sekolah pada mata kuliah busana anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video tutorial pembuatan pola busana sekolah pada mata kuliah busana anak, serta mendeskripsikan validitas dan praktikalitas pengembangan media pembelajaran video tutorial pembuatan pola busana sekolah pada mata kuliah busana anak Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4D. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh 4 orang dosen yang ahli dibidang media dan materi. Pada tahap praktikalitas di nilai oleh dosen pembina mata kuliah dan mahasiswa Pendidikan Tata Busana Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Instrument yang digunakan berupa lembaran penilaian dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis video tutorial pembuatan pola busana sekolah pada mata kuliah busana anak dengan hasil uji validasi media diperoleh skor 93%, sedangkan validasi ahli materi memperoleh skor 84% sehingga dapat di peroleh total skor 88,5% dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil uji praktikalitas dengan dosen pembina mata kuliah busana anak memperoleh skor dengan persentase 89%, dan hasil uji praktikalitas berdasarkan respon mahasiswa kelompok kecil dengan jumlah mahasiswa 10 orang memperoleh skor 92% dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil uji coba pada kelompok besar dengan jumlah mahasiswa 30 orang memeperoleh skor 92% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO TUTORIAL, POLA BUSANA SEKOLAH, BUSANA ANAK
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:00
Last Modified: 14 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40336

Actions (login required)

View Item View Item