Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik disertai Latihan Berpikir Kritis pada Materi Virus Kelas X SMA/MA

Herlyana, Rika (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik disertai Latihan Berpikir Kritis pada Materi Virus Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Rika_Herlyana_17031180_3574_2022.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan ajar yang tepat merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Maka dari itu, dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi di SMAN 2 Rantau Utara, selama ini guru telah berupaya memberikan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) demi meningkatkan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Namun, penggunaan LKPD ini hanya diterapkan pada beberapa materi saja. Hal ini menyebabkan peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami materi lain, terutama materi virus. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik disertai latihan berpikir kritis pada materi virus kelas X SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada tahap development dilakukan validasi oleh validator. Sedangkan pada tahap implementation produk tidak diujikan, melainkan hanya diberikan angket praktikalitas pada guru dan peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validitas dan angket praktikalitas. Berdasarkan basil penelitian, LKPD yang dihasilkan memiliki kriteria sangat valid dengan nilai validitas 88.6% dan nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik memiliki kriteria sangat praktis dengan nilai praktikalitas 95.8% dan 95.3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan sudah dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:59
Last Modified: 14 Oct 2022 01:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40334

Actions (login required)

View Item View Item