Pengembangan Aplikasi Android Materi Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030 untuk Kelas X pada Sekolah Penggerak di SMA

Putri, Rezka Meysa (2022) Pengembangan Aplikasi Android Materi Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030 untuk Kelas X pada Sekolah Penggerak di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Rezka_Meysa_Putri_18035111_4581_2022.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk sekolah penggerak pada materi kimia hijau dalam pembangunan berkelanjutan 2030 yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model pengembangan Plomp. model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahapan diantaranya preliminary research, development or prototyping phase dan assessment phase. Penelitian dilaksanakan di SMAN 15 Padang. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian praktikalitas produk dilakukan oleh 2 guru kimia, 18 siswa kelas X.7 untuk uji coba kelompok kecil. Basil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan tergolong dalam kategori valid (0,92 untuk materi dan 0,90 untuk media) dan hasil uji praktikalitas sangat praktis masing-masing 88% untuk uji praktikalitas guru, 91 % untuk uji kelompok kecil. Kesimpulannya, produk media berbasis android pada materi kimia hijau dalam pembangunan berkelanjutan 2030 layak dan praktis diimplementasikan dalam pembelajaran kimia di sekolah penggerak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:59
Last Modified: 14 Oct 2022 01:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40330

Actions (login required)

View Item View Item