Pengaruh Peyemprotan Ecoenzyme Terhadap Pertumbuhan Kailan (Brassica Oleraceae Var. Alboglabra) yang Dibudidayakan Secara Hidroponik

Fadilah, Nurul (2022) Pengaruh Peyemprotan Ecoenzyme Terhadap Pertumbuhan Kailan (Brassica Oleraceae Var. Alboglabra) yang Dibudidayakan Secara Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_NURUL_FADILAH_18032132_2646_2022.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Kailan merupakan tanaman sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Tanaman kailan dapat dibudidaya secara hidroponik. Dalam bidroponik pemberian pupuk organik dapat mengbemat biaya produksi dan dapat mengurangi penccmaran lingkungan, Ecoenzyme hasil dari fermentasi timbah dapur organik, dan gula, Ecoenzyme dapat digunakan sebagai pupuk orgaoi.k cair. Pada penelitian ini menggunakan ecoenzyme bahan organik kulit jeruk dan pengaplikasian ecoenzyme dengan cara disemprotkan pada 1anaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyemprotan ecoenzyme terhadap pertumbuhan kailan (Brassica oleraceae var. alboglabra) yang dibudidayakan secara bidroponik. Penelitian ini rnerupakan penelitian eksperimen dan dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2022 di rumah kawat dan Laboratorium Fisiologi Tumbuban Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Jlrnu Pengetahuan Alain Universitas Ncgeri Padang. Perlakuan penelitian ini terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan dengan pengcnccran larutan ecoenzyme Pl (AB Mix), P2 (2 ml + I I. air), P3 (3 ml + I L air), P4 {4 ml + I L air), dan PS (5 ml + I Lair). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam {ANOVA) dengan uji lanjut Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian mc:nunjukkan pada penyemprotan ecoenzyme berpengaruh pada tinggi tanaman, luas daun, berat basah dan berat kering tanaman kailan yang dibudidayakan secara hidroponik. Rata-rata tcrtinggi tinggi tanaman adalah (P4) 16,94 cm pada luas daua (PJ) 6,9 cm" pada herat basah (P4) 3,52 g dan berat kering (P4) 0,36 g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:37
Last Modified: 12 Oct 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40302

Actions (login required)

View Item View Item