Disain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Gerak Melingkar

Suhadah, Olivia (2022) Disain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Gerak Melingkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_OLIVIA_SUHADAH_18033037_4744_2022.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep siswa SMA pada materi gerak melingkar yang ditemukan di lapangan masih rendah. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mendisain multimedia interaktif berbasis konflik kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi gerak melingkar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik dan validitas terhadap multimedia interaktif berbasis konflik kognitif. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap penelitian pendahuluan (Preliminary Research), tahap pengembangan (Develop or Prototyping Phase), dan tahap asesmen (Assessment Phase), penelitian dibatasi sampai tahap Develop or Prototyping Phase pada tahap uji validitas. Instrumen penelitian pendahuluan berupa lembar analisis jumal dan angket guru. Sementara itu, lembar evaluasi diri dan lembar validasi digunakan pada tahap pengembangan. Teknik analisis data analisis jumal, angket guru serta evaluasi diri menggunakan teknik persentase, untuk validasi produk mengunakan VA iken. Pada tahap Preliminary Research didapatkan hasil yaitu rendahnya pemahaman konsep pada materi gerak melingkar siswa SMA dengan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan eksperimen dalam menemukan konsep, pembelajaran masih berpusat pada guru, dan kurang tersedianya bahan ajar berbasis multimedia interaktif. pada tahap Develop or Prototyping Phase telah didisain multimedia interaktif dengan karakteristik disusun berdasarkan sintaks model pembelajaran berbasis konflik kognitif. Hasil self-evaluation diperoleh dengan kriteria sangat baik. Hasil pada expert review uji validitas diperoleh rata­ rata hasil validasi 0, 71 dengan kategori valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi gerak melingkar adalah valid sehingga dapat dilanjutkan pada tahap uji praktikalitas dan efekktivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:37
Last Modified: 12 Oct 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40301

Actions (login required)

View Item View Item