Analisis Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Inflasi di ASEAN -5 (Indonesia, Thailand, Philiphina, Malaysia dan Singapura)

Adekantari, Panji (2022) Analisis Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Inflasi di ASEAN -5 (Indonesia, Thailand, Philiphina, Malaysia dan Singapura). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_PANJI_ADEKANTARI_17060078_464_2022.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian mt bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel makroekonomi terhadap Inflasi di ASEAN-5. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2019 yang diambil dari World Bank, ASEAN Statistics dan International Financial Statistics (IFS). Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Uang Beredar (Ml dan M2) dan Kurs sebagai variabel independen serta Inflasi sebagai variabel dependen.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Model Ml: (1) Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap inflasi di ASEAN-5. (2) Narrow money berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap inflasi di ASEAN-5. (3) Kurs berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap inflasi di ASEAN-5. Pada Model M2 menunjukkan hasil penelitian sebagai berikut : (1) Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi di ASEAN-5. (2) Broad money berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi di ASEAN-5. (3) Kurs berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap inflasi di ASEAN-5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:30
Last Modified: 12 Oct 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40285

Actions (login required)

View Item View Item