Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 10 Padang Darek Kabupaten Solok Selatan

Marlinda, Susi (2022) Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 10 Padang Darek Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_SUSI_MARLINDA_16129112_3750_2022.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyatan dilapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 10 Padang Darek. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Mengakibatkan aktivitas peserta didik rendah pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 10 Padang Darek Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas (Observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas V SDN 10 Padang Darek yang berjumlah 11 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan dan aktivitas peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 79,16 % dengan kualifikasi Cukup meningkat menjadi 91,66 % pada siklus II dengan kualifikasi Sangat Baik pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 78,12 % dengan kualifikasi Cukup meningkat menjadi 93,75 % pada siklus II dengan kualifikasi Sangat Baik. pada hasil pengamatan aspek siswa rata-rata pada siklus I adalah 78,12 % dengan kualifikasi Cukup meningkat menjadi 93,75 % pada siklus II dengan kualifikasi Sangat Baik. pada hasil pengamatan aktivitas siswa nilai rata-rata pada siklus I adalah 65,33 % dengan kualifikasi Kurang meningkat menjadi 90,33 % pada siklus II dengan kualifikasi Sangat Baik dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 10 Padang Darek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning,Aktivitas Belajar,Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:32
Last Modified: 11 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40258

Actions (login required)

View Item View Item