Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PBL dengan Konteks Kompetensi Profesi pada Program Keahlian Kuliner Bagi Siswa Kelas XI SMK

Legahati, Nesfitri (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PBL dengan Konteks Kompetensi Profesi pada Program Keahlian Kuliner Bagi Siswa Kelas XI SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NESFITRI_LEGAHATI_16205029_3335_2022.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran berbasis PBL dengan konteks kompetensi profesi pada program keahlian kuliner yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMK. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penelaian. Pada penelitian pendahuluan, peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan penilaian perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMKN 1 Padang Panjang Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah lembar valiadasi RPP, lembar validasi LKPD, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Hasil analisis terhadap lembar validasi RPP dan LKPD menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid. Valid baik dari segi isi maupun konstruk. Perangkat pembelajaranjuga praktis berdasarkan hasil analisis terhadap angket respon guru, angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Praktis terlihar dari kemudahan peserta didik dalam memahami dan mempelajari materi serta langkah-langkah penyeleaian soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:32
Last Modified: 11 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40256

Actions (login required)

View Item View Item