Pengaruh Cara Belajar Siswa dan Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Hikmah Padang Panjang

Wahyuni, Nilma Wulandawi (2022) Pengaruh Cara Belajar Siswa dan Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Hikmah Padang Panjang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NILMA_WULANDARI_WAHYUNI_17205026_3260_2022.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa Kelas VII SMP Hikmah Padang Panjang cenderung rendah. Diduga penyebabnya adalah cara belajar siswa dan metode mengajar guru kurang baik dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini didukung oleh hasil observasi, kurang efektifnya proses belajar dikerenakan beberapa factor.W awancara dengan beberapa siswa diperoleh informasi yang menunjukkan bahwa dalam cara belajar siswa belum baik dan wawancara kepada guru juga mendapatkan informasi bahwa kurang baiknya guru dalam mengajar dikarenakan pandemi covid-19. Melalui penelitian ini ingin diungkap secara empiris, apakah cara belajar siswa dan metode mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Hikmah Padang Panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh cara belajar siswa dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika. J enis penelitian ini adalah Korelasi dengan pendekeatan kuantitatif . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Hikmah Padang Panjang dengan jumlah 24 orang. Sampel penelitian yang diambil adalah seluruh populasi yaitu sebanyak 24 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket cara belajar siswa yang terdiri dari 21 item pernyataan yang bertujuan untuk mengungkap data cara belajar belajar siswa dan angket presepsi siswa terhadap metode mengajar guru Sebelumnya angket tersebut diuji coba untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel cara belajar siswa (XI) dan metode mengajar guru (X2) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa (Y). Cara belajar berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar peserta didik, apabila peserta didik melakukan cara belajarnya dengan konsentrasi efesien dan rutin maka akan berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar mereka. Variabel cara belajar dan metode mengajar guru memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 17, 1 % dan sisanya berkaitan dengan faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini cara belajar dan motode mengajar memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan hasil belajar seseorang. Sehingga diharapkan cara belajar dan metode mengajar yang tinggi demi menunjang keberhasilan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:32
Last Modified: 11 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40255

Actions (login required)

View Item View Item