Pengemabangan Media Pembelajaran lnteraktif Menggunakan Model Missouri Mtahematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP

Khairunnisa, Nurul Maulina (2022) Pengemabangan Media Pembelajaran lnteraktif Menggunakan Model Missouri Mtahematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NURUL_MAULINA_20050233_4475_2022.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP. Rendahnya kemampuan komunikasi matematik peserta didik terlihat dari ketidakmampuan peserta didik dalam menelaah masalah yang diberikan oleh guru. Rendahnya kemampuan komunikasi matematik peserta didik juga diperkuat dari hasil tes pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik SMP Negeri 1 Pariangan dan SMP Negeri 3 Pariangan pada tanggal 17 November 2021 - 22 Novembar 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan model Missouri Mathematics Project yang valid, praktis, dan efektif untuk menigkatkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu preliminary investigation, prototyping stage, dan assessment phase. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Pariangan. Instrument pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif matematika menggunakan model Missouri Mathematics Project yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (86,62% untuk RPP dan 83, 93 % untuk media) dan sangat praktis masing-masing 87% dan 86,85% (untuk RPP dan media kelompok kecil) 88, 1 % dan 88,02% (untuk RPP dan media kelompok besar). Sedangkan berdasarkan hasil hasil uji soal tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh 83,33% peserta didik memenuhui kriteria keberhasilan tes kemampuan komunikasi matematis > 80%, artinya media pembelajaran interaktif menggunakan model Missouri Mathematics Project sangat efektif terhadap kemampuan komunikasi metematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:32
Last Modified: 11 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40254

Actions (login required)

View Item View Item