Teknik Menenun Songket Rawang dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) di Rumah Tenun Songket Rawang Kamang Hilia Kabupaten Agam

Putri, Atika Dwi (2022) Teknik Menenun Songket Rawang dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) di Rumah Tenun Songket Rawang Kamang Hilia Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ATIKA_DWI_PUTRI_2029_2022.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah tentang teknik menenun songket di rumah tenun songket Rawang dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) yag mereka buat sendiri. Alat ini berbeda dengan ATBM yang lain, dimana alat tenun ini memiliki alat yang di sebut dengan karok motif, yang berfungsi untuk menyimpan motif yang akan di tenun. Sehingga pada proes menenun pada tahap berikutnya kita tidak perlu mebuat motif kembali karena motif yang telah kita buat sebelumnya sudah disimpan pada alat yang disebut dengan karok motif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk alat tenun ,fungsi bagian-bagian alat tenun dan teknik menenun dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yaitu berupa data primer dan data sekunder. Informan penelitian ini adalah pimpinan rumah tenun songket rawang, pembina rumah tenun songket rawang, dan pengrajin rumah tenun songket Rawang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisa model interaktif yang berkaitan dengan pokok permasalahan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu bentuk alat tenun bukan mesin, fungsi bagaian alat-alat tenun, kemudian teknik menenun songket Rawang. Bentuk alat tenun bukan mesin berbentuk empat persegi panjang yang terbuat dari bahan kayu dan terdiri dari alat-alat tenun yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Teknik menenun songket Rawang dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) yang mana alat tenun ini memiliki karok motif yang dapat menyimpan motif tanpa harus membuat motif secara terus menerus. Motif yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya, dapat kita simpan di karok motif Untuk proses penyimpanan motif ini kita sungkit motif terlebih dahulu kemudian motif tersebut di simpan sementara di lidi-lidi, setelah semua motif terbentuk baru di pindahka ke karok motif untuk di simpan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEKNIK, MENENUN, SONGKET RAWANG, ALAT TENUN BUKAN MESIN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:30
Last Modified: 11 Oct 2022 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40246

Actions (login required)

View Item View Item