Pandangan Guru terhadap Adaptasi dan Berkounikasi Mahasiswa PLK Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di SMKN 2 Solok

Helmi, Fajri Surya (2022) Pandangan Guru terhadap Adaptasi dan Berkounikasi Mahasiswa PLK Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di SMKN 2 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FAJRI_SURYA_16061009_2885_2022.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemui mahasiswa ketika melaksanakan Program Lapangan Kependidikan (PLK) di sekolah yaitu mahasiswa belum sepenuhnya mampu mengaplikasikan kemampuan adaptasi dan komunikasi dengan baik. Hal ini dibuktikan seperti sulit berbaur dengan guru dan tenaga administrasi yang ada di sekolah. Mahasiswa merasa canggung untuk memulai komunikasi dengan guru yang lebih senior. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pandangan guru terhadap adaptasi dan komunikasi mahasiswa PLK Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang di SMKN 2 Solok tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru produktif di SMKN 2 Solok yang berjumlah 54 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah dengan menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan skala likert dan diberikan kepada guru produktif di SMKN 2 Solok. Berdasarkan hasil penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian mengungkap pandangan guru terhadap adaptasi dan komunikasi mahasiswa PLK Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang di SMKN 2 Solok tahun 2020. Terungkap bahwa adaptasi dengan indikator adaptive dan adjustive mahasiswa PLK, berada pada kategori rendah dalam artian belum mampu menerapkannya secara baik. Komunikasi terdiri dari indikator keterbukaan dan kesamaan mahasiswa PLK berada pada kategori rendah, dapat dimaknai bahwa belum menunjukkan hasil yang belum memuaskan, sedangkan indikator dapat diartikan rata-rata dari pandangan guru bahwa mahasiswa sudah mengaplikasikan rasa dukungan yang baik. Untuk indikator empati dan rasa positif berada di kategori sedang, hal ini dapat dijelaskan kemampuan mahasiswa diimpletasikan secara baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:29
Last Modified: 11 Oct 2022 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40245

Actions (login required)

View Item View Item